Thursday 31 May 2012

filsafat komunikasi


TUGAS UAS
FILSAFAT KOMUNIKASI

Nama  : Wina Ratna wulansari      
Npm : 100 8000 8288



Tugas wajib
1.      BM Diah. Mengapa disebut sebagai wartawan tiga jaman? Jelaskan secara rinci perannya selaku pengusaha, politisi, dan awak pers. Apakah tantangan yang dihadapi oleh wartawan seperti BM Diah pada jamannya? Anak keturunan BM Diah meneruskan usaha orangtuanya di bidang pers. Jelaskan dan gambarkan bagaimana sepak terjang keturunan BM Diah dalam pers dewasa ini.
Jawaban :
·        Kenapa BM Diah disebut sebagai wartawan tiga jaman karena beliau hidup di masa yang berbeda , dari era Soekarno atau yang kita kenal dengan orede lama, kemudian di masa Soeharto atau orde baru serta di era reformasi BM. Diah masih masih selalu aktif dan semakin giat mengembangkan bisnisnya.
·        Peran BM Diah sebagai pengusaha, politisi dan awak pers? BM. Diah mengawali karirnya sebagai seorang jurnalis, pernah bekerja dibeberapa surat kabar sampai akhirnya BM.Diah membuat surat kabarnya sendiri yang terbit sebulan sekali bernama Perjatoeran Doenia. Setelah jaman kemerdekaan BM.Diah dan rekannya akhirnya menguasai percetakan jepang Djawa Shimbun yang di dalamnya ada surat kabar Asia Raja. Setelah menguasai percetakan jepang BM.Diah pun mengeluarkan harian Merdeka yang dipimpinnya hingga beliau meninggal. Selain menjadi jurnalis, BM.Diah juga pernah menjadi birokrat Indonesia dibeberapa Negara, kemudian pada masa pemerintahan Soeharto BM.Diah diangkat menjadi Menteri Penerangan pada tahun 1966 , beliau juga pernah menjadi angotan DPR dan DPA. Selain itu BM.Diah tidak hanya aktif dalam pemerintahan, diluar kegiatan beliau sebagai pejabat public, beliau pun pernah menjadi ketua PWI, dan menjadi Presiden Direktur PT Masa Merdeka, wakil pemimpin PT Hotel Prapatan Jakarta dan mendirikan hotel Hyatt Aryaduta.
·        Tantangan yang dihadapi oleh wartawan seperti BM Diah pada jamannya adalah pengekangan pers yang dilakukan pemerintah seperti jaman Soeharto pers diatur oleh pemerintah, setiap berita yang akan diterbitkan dikontrol oleh pemerintah dan siapapun yang melanggar pasti di bredel oleh pemerintah sehingga disitulah para jurnalis bekerja keras agar bagaimana cara berita bisa disampaikan kepada masyarakat luas tanpa menimbulkan masalah.
·        Anak keturunan BM Diah meneruskan usaha orangtuanya di bidang pers tetapi tidak sama dengan apa yang telah BM.Diah lakukan, karena pers pada jaman sekarang sudah terbuka berbeda dengan jaman dulu. Jaman sekarang semua orang punya hak untuk mengekspresikan tulisan atau beritanya asal masih sesuai dengan kode etik jurnalistik.
Tugas Pilihan
Untuk soal no 2 dan 3 saya memilih tokoh Roehana Kuddus dan SK Trimurti karena mereka adalah sosok wanita yang bisa menjadi panutan hidup seperti roehana kuddus adalah sosok wanita yang tangguh dalam bersikap beliau adalah wanita yang pantang menyerah dan selalu bekerja keras, sedangkan SK Trimurti karena beliau adalah wanita yang menentang poligami, sebagai wanita kita pasti tidak suka dengan kata poligami dan kegigihan SK Trimurti dalam mempertahankan prinsipnya patut saya acungi jempol dan menjadi panutan saya untu kedepanya.
2.      Roehana Kuddus. Apa persamaan dan perbedaan Roehana Kuddus dengan RA Kartini sebagai penggerak perubahan bagi wanita Indonesia? Menurut beberapa sumber, Roehana Kuddus disebut-sebut lebih maju dan lebih signifikan kontribusinya dalam emansipasi perempuan Indonesia. Mengapa demikian? Apa yang dimaksud dengan pernyataan penutup dalam materi presentasi: nuansa feminin dan feminisme.  Itu berbeda lho, bisakah dijelaskan lebih lanjut?
·        Persamaan dan perbedaan Roehana Kuddus dan R.A Kartini, persamaannya Kartini dan Roehana Kuddus adalah para pejuang yang sama-sama memperjuangkan tentang persamaan hak antara wanita dan pria dan pahlawan yang membangkitkan harkat martabat perempuan, perbedaannya hanya karena Roehana Kuddus lahir di Kotagadang dan bukan asal jawa seperti Kartini, dan Roehana Kuddus adalah seorang jurnalis wanita sedangkan Kartini adalah perempuan jawa yang ruang lingkup pergaulannya terbatas karena Kartini dilahirkan dari seorang keluarga bangsawan di jawa yang culture nya memang beda dengan kotagadang yang menganggap bahwa wanita itu hanya cocok diam dirumah
·        Kelebihan Roehana Kuddus yang memberikan kontribusi dalam emansipasi perempuan di Indonesia Karena jasa Roehana Kuddus yang telah mendirikan sekolah perempuan pertama pada tahun 1911, dan mendirikan surat kabar perempuan pertama Soenting Melajoe pada tahun 1912, dan kenapa namanya kurang terkenal mungkin menurut sumber yang saya baca suami dari Roehana kuddus adalah pemberontak yang menentang belanda. Itu menjadi alasan juga kenapa Roehana Kuddus tidak pernah tersebut pada jaman dulu.
·        Perbedaan nuansa feminim dan feminism menurut saya feminim adalah sifat wanita yang lembut, cara, dan penampilan tetapi jika feminisme lebih ke cara pandang, atau cara berpikir, lelaki pun bisa mempunyai cara berpikir feminisme

3.      SK Trimurti. Mengapa media di Indonesia tampak tidak menaruh perhatian pada tokoh yang satu ini? Mengapa SK Trimurti kalah populer dengan suaminya, Sayuti Melik? Pahlawan perempuan, kecuali Kartini, cenderung kurang dikenal oleh bangsanya sendiri. Mengapa demikian? Berikan analisis mengenai masyarakat Indonesia yang cenderung tidak menghargai pahlawan perempuannya. Terakhir, apa yang bisa diteladani mahasiswa dari tokoh yang satu ini?
·        Mengapa media tidak menaruh perhatian pada tokoh SK Trimukti, karena media memfokuskan kartini sebagai sosok pahlawan wanita satu-satunya di Indonesia sehingga sosok pahlawan wanita lainnya seperti SK Trimukti menjadi terabaikan dari pemberitaan media
·        Mengapa SK Trimukti kalah popular dengan suaminya Sayuti Melik Karena Sayuti Melik adalah pengetik teks proklamasi kemerdekaan yang disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia dan Teks nya di dengar oleh semua rakyat Indonesia sehingga Sayuti Melik lebih terkenal dibandingkan SK Trimukti
·        Pahlawan perempuan kurang dikenal oleh bangsanya sendiri kecuali kartini karena memang media yang membuat semua itu, seperti teori agenda seting, media menseting siapa yang cocok untuk di angkat namanya ke public sehingga public menjadi tau
·        Analisis masyarakat Indonesia yang cenderung tidak menghargai pahlawan perempuan mungkin karena lelaki masih dianggap lebih tinggi derajatnya dibandingkan wanita sehingga masyarakat kita percaya bahwa sehebat-hebatnya perempuan tetap saja perempuan yang tidak berdaya padahal banyak sekali tokoh pahlawan wanita yang sangat luar biasa
·        Banyak sekali inspirasi yang bisa kita ambil dari sosok SK Trimukti ini, mulai dari kegigihan beliau sebagai seorang jurnalis yang sekuat tenaga membela Negara. Dan kesetian sebagai seorang istri walaupun telah dihianati oleh suaminya sendiri karena suaminya memilih menikah lagi dengan wanita lain sehingga beliau bercerai, perjuangan seorang ibu yang membesarkan anaknya, dan loyalitas beliau terhadap apa yang beliau lakukan selalu total.

Tugas yang telah diberikan bu santy lumayan menguras otak saya tetapi banyak sekali manfaatnya selain pengetahuan kita bertambah banyak, kita juga diperkenalkan dengan sosok-sosok yang sangat luar biasa tetapi belum pernah terdengar namanya selama ini, kontribusinya untuk saya dari sosok mereka ini sangat banyak dari mulai Roehana kuddus yang sangat gigih memperjuangkan harkat martabat perempuan, menginspirasi saya agar tidak pantang menyerah untuk melakukan sesuatu dan berani mempertanggung jawabkannya dan selalu mau berusaha dan berjuang, karena tidak ada keberhasilan tanpa rintangan, membuka mata saya kalau mereka saja bisa melakukan sesuatu hal dan memberikan kontribusi besar terhadap dunia, banyak sekali yang saya dapatkan dari perkuliahan filsafat komunikasi ini, mulai dari nama-nama para tokoh yang sangat luar biasa tetapi tidak pernah disebut namanya, dan kontribusi mereka dalam dunia komunikasi tidak kalah hebat dengan orang-orang yang selalu disebut dalam bangku kuliah biasa, ternyata walaupun nama mereka sangat asing di telinga kita tetapi sekarang kita tahu bahwa mereka adalah orang-orang terbaik yang telah memberikan kontribusi besar dalam bidang komunikasi. Saya sangat berterima kasih kepada ibu santy  karena telah mengangkat tema ini dalam perkuliahan filsafat komunikasi, sehingga pengetahuan saya semakin luas dan memberikan inspirasi dan motivasi terhadap saya agar saya bisa seperti 10 tokoh yang telah dibahas dikelas filsafat komunikasi.

No comments:

Post a Comment