Sunday 22 July 2012

TUGAS TAKE HOME DASAR MANAJEMEN KOMUNIKASI

TUGAS TAKE HOME DASAR MANAJEMEN KOMUNIKASI

1.   1.   Ada beberapa alasan mengapa kita perlu belajar manajemen komunikasi :
·         terkait dengan tujuan ilmu komunikasi. komunikasi bertujuan menciptakan keharmonisan diatara para pelaku komunikasi. situasi harmoni berupa terciptaya common meaning dan mutual understanding.Untuk mewujudkan semua itu dibutuhkan manajemen dalam pengelolaan komunikasi.
·         didasarkan pada karakteristik ilmu komunikasi. beberapa karakteristik yang dimaksud diantaranya, komunikasi bersifat irreversible (tidak dapat ditarik kembali ), kompleks, berdimensi sebab dan akibat, dan mengandung potensi problem. dari karakter tersebut menunjukkan betapa rumitnya proses komunikasi karena itu diperlukan pengelolaan tindakan komunikasi secara tepat.
·         terkait dengan kebutuhan fungsionalisasi ilmu komunikasi dalam upaya menciptakan knowledge worker. knowledge worker adalah tenaga komunikasi yang memiliki wawasan teoritis tentang komunikasi dan mempunyai keterampilan dalam mengaplikasikan ilmu. dari ilmu manajemen komunikasi didapat pembekalan meangingful knowledge dan meaningful skillyakni pengetahuan dan keterampilan yang sepenuhnya relevan dan berguna bagi pengembangan SDM komunikasi.
·         berhubungan dengan asumsi bahwa peran ilmu manajemen semakin dominan di abad 21 dan ilmu komunikasi dibutuhkan di era globalisasi.

2.      2. Manajemen Komunikasi memiliki definisi luas & definisi sempit.
    Definisi luas disampaikan oleh Kaye & Parag Diwan :
·         Menurut Kaye, Manajemen Komunikasi merujuk pada bagaimana orang-orang mengelola proses komunikasi dalam hubungannya dengan orang lain dalam berbagai setting dan konteks komunikasi.
·         Menurut Parag Diwan, Manajemen Komunikasi adalah proses penggunaan berbagai sumber daya komunikasi secara terpadu melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengontrolan unsur-unsur komunikasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
    Dan Definisi sempit menurut Irwin dan Moore :
    manajemen komunikasi adalah proses menggunakan manusia, keuangan, sumber daya teknis dan   
    dalam memahami dan melakukan fungsi komunikasi dalam perusahaan dan antara sesama 
    perusahaan mereka dan masyarakat. sehingga manajemen komunikasi melibatkan mengatur dan 
    mengelola sumber daya komunikasi (kelompok pribadi, organisasi dan teknis) dan proses  
    komunikasi untuk memudahkan komunikasi dalam konteks korporasi.

3.   3. Karena pada dasarnya apa yang kita lakukan dan rasakan seringkali dipahami dan di ienterpretasi       secara salah oleh orang lain, karena kita tidak mengungkapkan diri kita secara total pada orang lain. Hanya sebagian dari diri seseorang yang tampak, sebagaimana ketenangan gunung es yang menyisakan sesuatu dibawah permukaan air. Orang cenderung merespon dan berinteraksi dengan yang lain berdasarkan pada informasi yang Nampak karenanya muncul berbagai perspektif komunikasi manusia sehingga melatar belakangi kajian manajemen komunikasi.

4.    4. Kelebihan dan kekurangan perspektif kontemporer komunikasi :
·         Kelebihan dan kekurangan perspektif hubungan social :
-          kelebihan dari perpektif ini ada pada hubungan dengan orang-orang yang merupakan aspek sangat penting dalam manajemen komunikasi dalam upaya mengembangkan hubungan profesional. Efektivitas manajerial tergantung pada kepuasan hubungan profesional dalam pekerjaan.
-          Kekurangan dari perspektif hubungan social ini ambiguitas dan kekuasaan, yang menjadikan orang ini tidak stabil karena ambisi nya yang selalu merasa mempunyai peran penting
·         Kelebihan dan kekurangan perspektif pengaruh social :
-          Kelebihan dari perpektif ini adalah memiliki fokus perhatian kepada perubahan (pendapat, sikap, kepercayaan, perilaku). Komunikasi merupakan faktor penentu keberhasilan persuasi. Komunikasi memiliki kemampuan untuk mengubah sikap dan perilaku seseorang melalui komunikasi persuasif.
-          Kekurangannya, persepsi dan sikap komunikan terhadap komunikator, kredibilitas pada pada persepsi komunikan, jadi tidak inheren dalam diri komunikator. Aristoteles menyebutkan kredibilitas sebagaiEthos, yang terdiri dari good will, good sense dan good moral character. Sedangkan Hovland mengatakan bahwa kredibilitas mencakup expertise(keahlian), trustworthiness (dapat dipercaya), attractiveness (menarik) dan power (kekuatan).
·         Kelebihan dan kekurangan perspektif kompetensi :
-          Kelebihan, Kemampuan menghadapi kelompok besar, audience. Kemampuan me-manage dan memecahkan konflik di antara mereka dan khalayak mereka.
-          Kelemahan, karena hubungan ini tidak memperhatikan private atau pribadi atau professional mengakibatkan profesionalisme dalam bekerja pun menjadi kurang
·         Kelebihan dan kekurangan perspektif makna :
-          Kelebihan, akurasi dalam construction of meaning, komunikasi tidak hanya pertukaran pesan tap hati-hati,
-          Kekurangan, komunikasi ini lebih dari sekedar pertukaran pesan saja,

5.   5.  Menurut pendapat saya, perspektif kontemporer yang paling baik adalah perspektif hubungan social, karena dalam hubungan social kita bisa berinteraksi dengan siapapun tanpa memandang ras dan gender. Sehingga hubungan kita dengan sesame tetap terjaga dengan baik.
6.    6. Intisari yang dibuat menjadi poin-poin Manajemen kepemimpinan yang efektif
·         Pemimpin itu harus mempunyai sifat-sifat yang efektif seperti pemimpin itu harus mempunyai kecakapan memahami individual, maksudnya mengetahui bahwa setiap manusia mempunyai daya motivasi yang berbeda pada berbagai saat dan keadaan yangb berlainan, pemimpin juga harus mempunyai kemampuan menggugah semangat dan memberi inspirasi.
·         Selain itu pemimpin juga harus mempunyai tipe dan gaya kepemimpinan yang efektif seperti pemimpin itu harus mempunyai type kharismatik dan daya tarik luar biasa, sehingga mereka mempunyai pengikut yang jumlahnya besar.
Sehingga study kasus pada makalah yang kami buat menggambil contoh kepemimpinan Jokowi karena menurut kelompok kami, Jokowi telah memiliki kepribadian yang sesuai dengan teori-teori kepemimpinan. Sehingga mendapatkan peringkat paling teratas dalam pemilihan calon Gubernur DKI Jakarta. Jokowi juga bisa memotivasi msyarakatnya di Solo sehingga masyarakat di Solo merasa kehilangan sosok pemimpin yang selama ini memimpin mereka dengan baik di kota itu.

No comments:

Post a Comment