Sunday 22 July 2012

WIRAUSAHA KOMUNIKASI


TUGAS RESUME
Buku Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Dini”
Dari Suharyadi


KEWIRAUSAHAAN
 Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Dini

Konsepsi dasar kewirausahaan
            Merupakan tantangan bagi para sarjana disaat ini, yaitu ditngah-tengah terbatasnya lapangan kerja dan sulitnya mencari pekerjaan, terdapat peluang yang sangat besar untuk mengembangkan usaha, baik usaha kecil, menengah, maupun besar untuk menciptakan lapangan kerja untuk dirinya sendiri. Sukses membutuhkan kerja keras, tidak ada keberhasilan tanpa kerja keras, begitupula dalam menjalankan usaha, jika ingin menjadi wirausaha yang berhasil maka sarat uatamanya adalah harus mau bekerja keras. Berbicara tentang keja keras sebagai kunci keberhasilan, anda tentu ingat Rudi Hartono atau Taufik Hidayat sebagai pebulutangkis yang sangat terkenal karena telah memenangkan berbagai kejuaraan dunia, prestasi tersebut tidak begitu saja diperoleh, mereka berlatih dengan sangat keras dan memiliki jadwal yang ketat untuk mengasah teknik untuk mejadi pemenang, begitu pula jika ingin menjadi seorang pengusaha (wirausahawan) sukses, maka usaha atau bisnis akan dapat dilakukan dengan mudah apabila terlebih dahulu dibekali pengalaman dan pola pikir yang kuat, kemampuan dan cara menglola suatu usaha yang baik srta motivasi yang kuat untuk jadi pengusaha.

Pengertian Kewirausahaan
a.       Wirausahawan adalah sseorang yang mnmukan gagasan baru dan slalu brusaha mnggunakan sumber daya yang dimiliki scara optimal untuk mncapai tingkat keuntungan tertinggi.
b.      Wirausahawan adalah orang yang memiliki pandangan yang tidak lazim, yaitu oarang yang dapat mnggali potensi atqas barang dan jasa. Wirausahawan akan bereaksi terhadap perubahan ekonomi dan kmudian menjadi pelaku dalam mengubah permintaan menjadi produksi.
c.       Wirausahawan adalah orang yang memiliki seni dan keterampilan tertentu dalam menciptakan usaha yang baru.
d.      Wirausahawan adalah orang yang dapat melihat cara-cara yang ekstrem dan mau mengubah sesuatu yang tak bernilai menjadi bernilai tinggi.
Berdasarkan pendapat para pakar yang diuraikan diatas terdapat ciri umum yang selalu terdapat dalam diri wirausahawan, yaitu kemampuan mengubah sesuatu menjadi lebih baik atau menciptakan sesuatu yang benar-benar baru, berjiwwa kreatif dan inovatif.

Keuntungan Menjadi Wirausahawan
1.      Mempunyai kebebasan mencapai tujuan yang dikehendaki
Kebebasan adalah sesuatu yang sangat bernilai bagi seseorang. Wirausaha memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk menentukan tujuannya sendiri.
2.      Mempunyai kesempatan untuk menunjukan kemampuan dan potensi diri secara penuh
Banyak orang menyadari bahwa menjadi pekerja itu terkadang sangat membosankan, tidak menantang dan sangat tidak menarik. Namun bagi wirausahawan hal itu tidak berlaku, bahkan bekerja dan bermain hampir tidak ada bedanya. Kegiatan bisnis yang mereka geluti sebagai alat untuk mengoptimalkan potensi diri dan pernyataan aktualisqasi diri.
3.      Memperoleh manfaat dan laba secara maksimal
Menjadi wirausahawan akan memiliki kebebasan untuk menetukan sendiri keuntungan investasinya, meskipun uang bukan segalanya, laba dari usahanya merupakan faktor penting untuk memotivasi dari dalam mengembangkan usaha baru.
4.      Terbuka kesempatan untuk melakukan perubahan
Menjadi karyawan tidak bebas untuk melakukan perubahan, stiap perubahan harus atas persetujuan pmimpin dan pemilik, apabila kita menjadi pengusaha maka kita mempunyai kebebasan untuk mengubah kondisi perusahaan sesuai dengan keinginan kita yang sudah diperhitungkan dengan sangat matang.
5.      Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dalam mnciptakan lapangan pekerjaaan
Dengan mndirikan sebuah usaha, berarti wirausahawan memberikan manfaat pada masyarakat untuk mendapatkan kesempatan kerja, dan membantu masyarakat dalam mendapatkan barang atau jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginqan mereka.




Ciri dan Sikap Kewirausahaan
1.      Percaya diri
Seorang pengusaha harus memiliki kepercayaan diri. Segala sesuatu yang telah diyakini dan dianggap benar harus dilakukan sepanjang tidak melanggar hukum dan norma yang berlaku.
2.      Berorintasi pada tugas dan hasil
Seorang wirausahawan harus fokus pada tugas dan hasil. Apapun kerjaannya harus jelas apa hasilnya, apapun jenis usahanya, seberapapun kerasnya usaha yang dilakukan apabila ternyata tidak berhasil maka tidak ada gunanya.
3.      Berani mengambil resiko
Setiap proses bisnis harus memiliki resikonya masing-masing, resiko usaha pasti ada tidak jaminan suatu usaha akan untung atau sukses terus menerus, oleh sbab itu untuk mmperkecil kegagalan maka seorang wirausahawan harus mengetahui peluang kegagalan
4.      Kepemimpinan
Wirausahawan yang berhasil ditentukan oleh kemampuan untuk memimpin.
5.      Keorisinilan
6.      Berorientasi pada masa depan

Membangun Kewirausahaan di Indonesia
Kerangka pengembangan kewirausahaan di Indonesia dapat dilakukan dengan beberapa startegi sebagai berikut :
a.       Memperbaiki pendidikan kewirausahaan, yaitu sistem pendidikan kewirausahaan yang menybar dari sekolah dasar sampai keperguruan tinggi, dan melakukan kerjasama dengan dunia industri melaui kegiatan magang kewirausahaan.
b.      Menydiakan infrastruktur (prasarana) yang tidak terbatas hanya pada transportasi dan komunikasi, melainkan juga infrastruktur pendidikan, baik formal maupun non formal.
c.       Menyediakan informasi seluas-luasnya bagi wirausahawan yang berada pada tahapan start-up melalui layanan internet.
d.      Membuka akses selbar-lebarnya dalam pendanaan terutama bagi UKM
e.       Membuat program komunikasi dan inisiatif bagi kewirausahaan , program-program untuk memberi penyuluhan melalui media massa diikuti oleh program insentif untuk penghargaan
f.       Menetapkan bidang-bidang yang mudah dimasuki oleh wirausahawan baru, dan mndorong wirausahawan yang sukses dibidang industri manufaktur.

Memprsiapkan Diri Untuk Menjadi Pengusaha Muda
1.      Membangun kepribadian pengusaha muda
Brikut merupakan beberapa hal yang terkait dengan usaha mmbangun kepribadian:
a.       Mengenal diri sendiri
Sorang calon pangusaha yang baik harus mengenali dirinya sendiri, dengan semakin mengenal diri sendiri maka peluang untuk mengambil tindakan yang salah akan semakin kecil.
b.      Memprsiapkan prubahan sikap mntal
Ada beberapa kondisi yang membedakan kondisi antara seorang pengusaha dan pegawai, salah satu yang dihadapi pengusaha adalah adanya ketidakpastian, sedangkan seorang pegawai sudah bkrja sesuai dengan ketentuan. Oleh sebab itu bagi pengusaha muda harus mempersiapkan perubahan sikap yang terdiri atas :
-          Siap menghadapi ketidakpastiaan
-          Siap mengatakan bisa
-          Siap bekerja keras, tekun dan sabar
-          Berani mengambil resiko dan jangan sampai rugi
2.      Mmprsiapkan Keterampilan Pengusaha Muda
Salah satu kelmahan para pengusqaha muda dan sarjana di Indonesia adalah keterampilan dalam bidang softskill. Pendidikan saat ini masih di dominasi oleh penguasaan teori atau keterampilan teknis, untuk menjadi pengusaha muda yang sukses diprlukan beberapa keterampilan, yang harus dikuasai yaitu :
a.       Menjaga reputasi
Reputasi yang baik merupakan modal utama bagi seorang pngusaha muda, reputasi yang baik akan memudahkan dalam membuat jaringan dan memperkenalkan usaha baru.






No comments:

Post a Comment